SELAMAT DATANG DI DUNIA ARSITEKTUR

Rabu, 22 Desember 2010

Suasana Alam Dapat Diciptakan di Dalam Ruang

oleh: iyat
Foto: Dok. Relax Reflexi/ Martin Saerang
Ciptakan suasana di dalam rumah bernuansa alami dan sejuk. Caranya gampang, tempatkan sejumlah tanaman dalam pot.
Keindahan tanaman dapat saja dinikmat di dalam ruang. Salah satu cara menghadirkannya adalah dengan menempatkan tanaman pot dalam ruangan. Apapun gaya penataannya, tanaman akan membuat ruangan lebih alami. Meski begitu, kita patut mencermati jenis-jenis tanaman yang dapat ditempatkan di dalam ruang.
Syarat utama menempatkan tanaman di dalam ruang adalah: pilih tanaman yang tidak berpotensi mencederai atau meracuni. Untuk itu hindari menempatkan tanaman berduri atau tanaman yang mengeluarkan bau/gas/getah beracun jika berada di ruang tertutup. Selain itu, juga pilihlah tanaman yang dapat hidup agak lama tanpa terkena sinar matahari langsung. Dengan begitu, Anda tak perlu mengeluarkan tanaman setiap hari agar ia memperoleh sinar matahari.
Hal lain yang juga patut diperhatikan adalah lokasi penempatan tanaman. Jika mungkin, tempatkan tanaman pada sudut ruang dekat jendela. Dengan begitu, tanaman dapat memperoleh sinar matahari tak langsung, sehingga proses fotosintesa tetap dapat berlangsung. Langkah ini juga dapat memperpanjang usia keberadaan tanaman di dalam ruangan.
Menempatkan tanaman di dalam ruangan juga dapat berfungsi untuk menambah jumlah oksigen dan menekan jumlah polutan pada udara. Untuk itu dapat ditempatkan tanaman dari jenis Spathiphyllum , Sansevieria, dan beberapa jenis pohon. Anda bisa menempatkan tanaman-tanaman ini untuk mengurangi racun dari asap rokok, jika kebetulan ada anggota keluarga yang merokok.
Untuk membuat ruang jadi sejuk, jangan takut menempatkan tanaman dalam jumlah lebih banyak. Mungkin sebagian dari Anda pernah mendengar soal bahaya menempatkan tanaman pot, di dalam rumah, khususnya pada malam hari. Berebut oksigen antara manusia dan tanaman, menjadi alasannya. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Tanaman sama seperti manusia, selalu bernafas, menghirup oksigen dan melepaskan karbon dioksida. Tapi jumlah oksigen di udara masih jauh lebih banyak, daripada yang dibutuhkan oleh kita maupun tanaman, untuk bernafas. Jadi, gak perlu khawatir kehabisan oksigen karena berebut dengan tanaman. Terlebih lagi, hingga kini belum ada berita tentang kematian penghuni rumah akibat berebut udara dengan tanaman di dalam ruangan.
Nah, begitu kira-kira. Sama sekali gak ada ruginya, kan, menempatkan tanaman pot, di dalam ruangan? Rumah cantik, nyaman, dan sehat. Setuju?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar